Menu

Mode Gelap
Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia. Bosco Odonga Wanita “Khadija” Somalia. HOMO HOMINI LUPUS Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Opini dan Kajian · 29 Apr 2023 07:00 WIB ·

Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial


 Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial Perbesar

Ancaman terorisme bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kelengahan pemerintah dan masyarakat menjadi modal besar bagi mereka untuk melakukan serangan.

Percepatan teknologi yang kita semua rasakan juga berimbas pada berkembang pesatnya jaringan teror internasional. Selama ini kita hanya disuguhkan berbagai macam muatan berita tentang bom bunuh diri, penculikan dan pembunuhan oleh kelompok teror. Tetapi hal tersebut sebenarnya hanya menggambarkan beberapa aksi teror mainstream saja.

baca juga: Empat WNA Asal Uzbekistan Jaringan Teroris Internasional di Tangkap Densus 88

Menurut beberapa pengamat terorisme ada 6 taktik dasar yang dilancarkan oleh kelompok teror, yaitu: membajak (hijacking), penculikan (kidnapping), pengeboman (bombings), pembunuhan (assassination), serangan bersenjata (armed assasults) dan juga penyanderaan (hostage).

Semua itu adalah hal dasar yang bisa mereka lakukan dimana saja. Tetapi seiring berjalannya waktu. Motif, target dan metode yang digunakan akan berevolusi sejalan dengan efektifitas dan dampak dari sebuah serangan. Ini juga berimbas pada proses analisa, pemetaan dan deteksi dini yang akan jauh lebih complex dan rumit.

baca juga: Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah ditangkap Densus 88 di Lampung.

Besar kemungkinan dengan penggunaan sistem komputasi untuk menjalankan suatu sistem secara otomatis, kelompok teror tidak lagi menyerang dengan bom, tetapi mereka akan menarget sistem vital suatu negara untuk dilumpuhkan. Dalam situasi seperti ini, infrastruktur vital seperti kelistrikan, komunikasi, perbankan, jaringan dan lainnya sangat berpotensi untuk menjadi target penyerangan teroris maupun kejahatan cyber lainnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peran Teknologi dalam Pendanaan Teroris

21 Februari 2023 - 07:00 WIB

Peran Teknologi dalam Pendanaan Teroris

Poso Menjadi Tanah Jihad Bagi Teroris

16 Februari 2023 - 07:00 WIB

Poso Menjadi Tanah Jihad Bagi Teroris

Menakar Kemampuan Kelompok Teror dalam Mengelola Media Online dan Jejaring Sosial

12 Februari 2023 - 07:00 WIB

Menakar-Kemampuan-Kelompok-Teror-dalam-Mengelola-Media-Online-dan-Jejaring-Sosial

Membedah Penafsiran Ayat Jihad

24 Januari 2023 - 07:00 WIB

Membedah penafsiran Ayat Jihad
Trending di Opini dan Kajian