Menu

Mode Gelap
Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia. Bosco Odonga Wanita “Khadija” Somalia. HOMO HOMINI LUPUS Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Artikel · 16 Feb 2023 07:00 WIB ·

Poso Menjadi Tanah Jihad Bagi Teroris


 Poso Menjadi Tanah Jihad Bagi Teroris Perbesar

Mujahidin Indonesia Timur (MIT)

Poso merupakan sebuah daerah yang terletak di tengah pulau Sulawesi, daerah ini secara geografis terdapat banyak pegunungan dan hutan yang strategis untuk dijadikan tempat latihan kelompok teroris dan juga bisa digunakan untuk persembunyian dari kejaran aparat.

Di daerah ini pula menjadi dasar seorang mujahid dalam melakukan pijakan awal dalam berjihad atau dengan kata lain belum dikatakan berjihad kalau belum menginjakan kakinya di tanah Poso..

Di Poso pernah terjadi konflik horizontal antara tahun 2000 sampai tahun 2001, konfliknya adalah berupa pertikaian antara Umat Kristen dengan umat Islam. Kelompok muslim Poso kala itu banyak dibantu oleh pejuang muslim yang berasal dari luar Poso untuk membantu memerangi lawan mereka.

baca juga: Menakar Kemampuan Kelompok Teror dalam Mengelola Media Online dan Jejaring Sosial

Dari konflik horizontal inilah kemudian lahir kelompok ekstrimis islam yang mengakar di daerah ini. kelompok ini kemudian dikenal dengan nama Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang diprakarsai oleh Santoso alias Abu Wardah Asy Ayarqi.

Kelompok ini berafiliasi dengan kelompok teroris lainya di indonesia maupun diluar indonesia termasuk ISIS, sehingga MIT dan Santoso masuk kedalam daftar teroris global, dalam hal ini pemerintah Amerika memblokir seluruh properti dalam yurisdiksi yang terkait dengan MIT dan Santoso.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 76 kali

Baca Lainnya

Bosco Odonga

5 Mei 2023 - 07:00 WIB

Bosco Odonga

Wanita “Khadija” Somalia.

3 Mei 2023 - 07:00 WIB

Wanita Khadija Somalia

HOMO HOMINI LUPUS

1 Mei 2023 - 07:00 WIB

HOMO HOMINI LUPUSl

Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

29 April 2023 - 07:00 WIB

Potensi Target Serangan Teroris Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Bujukan Yurisprudensi Agama

27 April 2023 - 07:00 WIB

Bujukan Yurisprudensi Agama

Terorisme dan Agama

25 April 2023 - 07:00 WIB

Terorisme dan Agama
Trending di Artikel