Menu

Mode Gelap
Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia. Bosco Odonga Wanita “Khadija” Somalia. HOMO HOMINI LUPUS Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Berita · 11 Jun 2023 11:37 WIB ·

Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia.


 Ilutrasi sumber : kompas.com Perbesar

Ilutrasi sumber : kompas.com

Abdurrahman bin Muhammad yang bergelar An-Nashir adalah pemimpin pertama di Andalusia yang menggunakan gelar “Khalifah” di depan namanya, sekaligus menobatkan dirinya sebagai “Amirul Mukminin”.

Ini terjadi pada saat Khilafah Bani Abbasiyah (pesaingnya) di Arab mengalami kemunduran pada masa kepemimpinan Al-Muqtadir. Abdurrahman meninggal pada bulan Ramadhan tahun 35O H.

Dia digantikan anaknya yang bernama Al-Hakam Al-Mustanshir yang meninggal pada bulan Shafar 366H. Lalu naik Hisyam Al-Muayyid yang kemudian dicopot dan dipenjarakan pada 399 H.

baca juga: Wanita “Khadija” Somalia.

Setelah itu Muhammad bin Hisyam bin Abdul Jabbar bin An-Nashir Abdur Rahman naik menjadi khalifah dengan memakai gelar “Al-Mahdi”. Dia duduk sebagai khalifah hanya dalam waktu 16 bulan karena terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh keponakannya sendiri yang bernama Hisyam bin Sulaiman bin An-Nashir Abdurrahman.

Hisyam bin Sulaiman berhasil merebut kursi khilafah dan bergelar “Ar-Rasyid”. Setelah itu pamannya memeranginya dan dia pun dibunuh. Para pembesar sepakat untuk tidak menunjuk pamannya sebagai khalifah sehingga membuat dia menyembunyikan diri dan akhirnya juga dibunuh.

Orang-orang sepakat untuk membai’at anak paman Hisyam yang terbunuh tadi, Sulaiman bin Al-Hakam Al-Mustanshir, sebagai pemimpin yang kemudian memakai gelar “Al-Musta’in”.

baca juga: HOMO HOMINI LUPUS

Tetapi dia pun diperangi dan dipenjara pada tahun 406 H. Setelah itu naik Abdurrahman bin Abdul Malik bin An-Nashir yang bergelar “Al-Murtadha”. Akan tetapi dia juga dibunuh pada akhir tahun itu.

Terbunuhnya Abdurrahman sekaligus menandai kemunduran Bani Umayyah di Andalusia. Selanjutnya berdirilah Dinasti Alawiyah Husainiyah, dengan penguasa pertamanya An-Nashir bin Hammud.

Dia naik menjadi khalifah pada bulan Muharram tahun 4O7 H. Pada bulan Dzulhijjah tahun 408 H dia terbunuh yang kemudian digantikan oleh saudaranya yang bernama Al-Ma’mun Al-Qasim.

Namun dia dipecat pada tahun 411 H. Konflik berlanjut. Setelah itu keponakan Al-Ma’mun yang bernama Yahya bin An-Nashir naik menjadi penguasa dan bergelar “Al-Musra’la”.

baca juga: 3 Teroris Uzbekistan Tusuk Petugas Imigrasi, Saat Kabur dari Rumah Detensi

Tapi dia juga dibunuh setelah memerintah hanya dalam waktu 19 bulan. Setelah itu dinasti Bani Umayyah di Andalusia berusaha bangkit kembali. Sebagai khalifahnya adalah Al-Mustazhhir Abdurrahman bin Hisyam bin Abdul Jabbar yang kemudian juga mati terbunuh setelah hanya 50 hari memerintah.

Muhammad bin Abdur Rahman bin ‘Ubaidillah bin An-Nashir bin Abdur Rahman naik menggantikannya dengan gelar “Al-Mustakfi”. Dia dicopot setelah memerintah selama 16 bulan.

Hisyam bin Muhammad bin Abdul Malik bin An-Nashir Abdur Rahman menggantikannya dengan gelar “Al-Mu’tamad”. Dalam jangka beberapa waktu dia memerintah, tidak lama dia pun dicopot hingga meninggal di penjara pada tahun 428 H. Kematian “Al-Mu’tamad” merupakan lonceng kematian khilafah Bani Umayyah di Andalusia.

 

Sumber @islahbahrawi.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah ditangkap Densus 88 di Lampung.

19 April 2023 - 07:00 WIB

Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah ditangkap Densus 88 di Lampung.

3 Teroris Uzbekistan Tusuk Petugas Imigrasi, Saat Kabur dari Rumah Detensi

13 April 2023 - 09:33 WIB

Teroris

Empat WNA Asal Uzbekistan Jaringan Teroris Internasional di Tangkap Densus 88

5 April 2023 - 08:46 WIB

4 WNA Teroris

Komandan Pasukan ISIS di Afganistan Tewas dibunuh Pasukan Taliban

2 Maret 2023 - 07:00 WIB

isis vs taliban

Upaya Pembunuhan Terhadap Tokoh Agama Oleh Kaum Khawarij

25 Februari 2023 - 07:00 WIB

Upaya Pembunuhan Terhadap Tokoh Agama Oleh Kaum Khawarij Syech Ali Jaber

Dinamika Bantuan Kemanusiaan

18 Februari 2023 - 07:00 WIB

Dinamika Bantuan Kemanusiaan
Trending di Berita