Menu

Mode Gelap
Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia. Bosco Odonga Wanita “Khadija” Somalia. HOMO HOMINI LUPUS Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Berita · 2 Mar 2023 07:00 WIB ·

Komandan Pasukan ISIS di Afganistan Tewas dibunuh Pasukan Taliban


 foto: dok Reuters Perbesar

foto: dok Reuters

Senin (27/2) Pasukan keamanan Taliban mengumumkan bahwa mereka telah membunuh dua komandan utama ISIS dalam serangan antiterorisme terhadap tempat persembunyian mereka di wilayah ibu kota, Kabul.

Pengumuman itu disampaikan beberapa jam sebelum Amerika Serikat mengatakan dalam laporan terbaru bahwa hampir sebanyak 3.000 pejuang ISIS beroperasi di negara Asia Selatan itu dan melakukan kegiatan teroris.

baca juga: Syekh Adnan Afyouni: Korban Kebiadaban Teroris

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan dalam pernyataan pada larut malam bahwa “kepala intelijen dan operasi Daesh” di Afghanistan termasuk di antara mereka yang tewas dalam operasi yang dilakukan pada Minggu (26/2) malam. Ia mengidentifikasi pemimpin teroris yang tewas itu sebagai Qari Fateh.

Menurut jubir pemerintahan Taliban, Zabihullah Mujahid seperti dikutip dari AFP.”Pasukan Taliban membunuh Qari Fateh, kepala operasi dan intelijen ISIS di wilayah ini, saat operasi pada Minggu malam,”

Menurutnya juga Fateh secara langsung merupakan otak beberapa serangan anyar di Kabul, termasuk terhadap misi diplomatik, masjid, dan target lain. DAlam kejadian tersebut juga terdapat korban lain dari pihal ISIS.

baca juga: Taliban dan ISIS: Memahami Wajah Publik dan Privat Organisasi Radikal Teroris

Secara ideologi antara ISIS dan Taliban memiliki ideologi yang hampir sama. ISIS menginginkan pendirian khilafah sedangkan Taliban bertujuan untuk mendirikan pemerintahan Islam independen di Afganistan.

Keduanya berbeda dari sisi tujuan, walapun memiliki kesamaan ideologi akan tetapi ternyata hal tersebut tidak mampu untuk menyamaklan tujuan mereka.

Daesh atau ISIS-Khorasan (IS-K) adalah afiliasi ISIS di Afghanistan dan musuh utama Taliban. IS-K belum mengomentari klaim Taliban yang membunuh pemimpin utamanya.

Mujahid mengatakan Fateh telah mendalangi serangan baru-baru ini terhadap misi diplomatik, masjid-masjid dan target lainnya di Kabul.

baca juga: Peran Teknologi dalam Pendanaan Teroris

Taliban menyalahkan kelompok itu atas serangan bunuh diri pada September 2022 di Kabul yang menewaskan 54 orang — termasuk 51 perempuan dan anak perempuan

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan senjata bulan Desember di sebuah hotel di Kabul yang melukai lima warga negara China.

Pada Desember 2022, ISIS jadi otak serangan di Kedutaan Pakistan di Kabul. Sebulan kemudian ISIS bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri kantor Kementrian luarnegeri Afghanistan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia.

11 Juni 2023 - 11:37 WIB

Ilustrasi Kekhalifaan Abassiayah

Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah ditangkap Densus 88 di Lampung.

19 April 2023 - 07:00 WIB

Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah ditangkap Densus 88 di Lampung.

3 Teroris Uzbekistan Tusuk Petugas Imigrasi, Saat Kabur dari Rumah Detensi

13 April 2023 - 09:33 WIB

Teroris

Empat WNA Asal Uzbekistan Jaringan Teroris Internasional di Tangkap Densus 88

5 April 2023 - 08:46 WIB

4 WNA Teroris

Upaya Pembunuhan Terhadap Tokoh Agama Oleh Kaum Khawarij

25 Februari 2023 - 07:00 WIB

Upaya Pembunuhan Terhadap Tokoh Agama Oleh Kaum Khawarij Syech Ali Jaber

Dinamika Bantuan Kemanusiaan

18 Februari 2023 - 07:00 WIB

Dinamika Bantuan Kemanusiaan
Trending di Berita