Menu

Mode Gelap
Deradikalisasi CEGAH Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme. SIAPA TAKUT !! Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia. Bosco Odonga Wanita “Khadija” Somalia. HOMO HOMINI LUPUS

Opini dan Kajian · 24 Jan 2023 07:00 WIB ·

Membedah Penafsiran Ayat Jihad


 Membedah Penafsiran Ayat Jihad Perbesar

Membedah Penafsiran Ayat Jihad (Surat Al Hajj ayat 49)

Dalam dunia Islam, Istilah Jihad sering di temui baik dalam Teks Al-Qur’an maupun Hadits  yang keduanya merupakan pokok sumber hukum Islam. Hal itu menunjukkan bahwa Jihad merupakan bagian dari ajaran Islam.

Pada prinsipnya setiap orang Islam meyakini betul bahwa Jihad memang merupakan bagian dari ajaran Islam. Namun ada sebagian umat Islam yang keliru memahami makna Jihad. Sehingga dengan pemahaman keliru itu mereka melakukan tindakan radikalisme atas nama agama.

Untuk menghindari kekeliruan pemahaman tentang Jihad penulis mencoba menelaah pandangan ulama ahli tafsir terkait Surat Al-Hajj ayat 49 yang diyakini oleh kebanyakan ahli Tafsir sebagai ayat pertama yang mengijinkan peperangan.

Teks ayat & terjemahan

اُذِنَ لِلَّذِيْنَ يُقَاتَلُوْنَ بِاَنَّهُمْ ظُلِمُوْاۗ وَاِنَّ اللّٰهَ عَلٰى نَصْرِهِمْ لَقَدِيْرٌ

Diizinkan (berperang) kepada orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka dizalimi. Dan sungguh, Allah Mahakuasa menolong mereka itu. (QS. Al Hajj 49)

baca juga: Spirit Surat Al Muddatsir dalam Mengemban Amanat

Asbabunnuzul

Sebelum menuju pada penafsiran, penting terlebih dahulu untuk melihat Asbabunnuzul (sebab turunnya) ayat tersebut. Sebab mengetahui asbabunnuzul adalah jalan menuju pemahaman tafsir sebuah ayat.

Terkait ayat ini Imam Al Baidhawi dalam tafsir Anwar Al Tanzil Wa Asrar Al Ta’wil Jilid 4 hal 72 menjelaskan Penyebab turunnya adalah berawal dari sekelompok orang Islam Mekah yang menghadap Rasulullah SAW. Kehadiran mereka bertujuan mengadukan kekejaman orang-orang musyrik terhadap mereka.

Orang-Orang musyrik Mekah sering melakukan berbagai penyiksaan, intimidasi dan ancaman baik secara verbal maupun tindakan. Menyikapi aduan kaum muslimin itu Rasulullah SAW, mengajak para sahabatnya tersebut untuk tetap bersabar. Ajakan sabar ini didasari karena Allah SWT, belum mengizinkan untuk melakukan perlawanan dan pembelaan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

29 April 2023 - 07:00 WIB

Potensi Target Serangan Teroris Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Peran Teknologi dalam Pendanaan Teroris

21 Februari 2023 - 07:00 WIB

Peran Teknologi dalam Pendanaan Teroris

Poso Menjadi Tanah Jihad Bagi Teroris

16 Februari 2023 - 07:00 WIB

Poso Menjadi Tanah Jihad Bagi Teroris

Menakar Kemampuan Kelompok Teror dalam Mengelola Media Online dan Jejaring Sosial

12 Februari 2023 - 07:00 WIB

Menakar-Kemampuan-Kelompok-Teror-dalam-Mengelola-Media-Online-dan-Jejaring-Sosial
Trending di Artikel