Menu

Mode Gelap
Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia. Bosco Odonga Wanita “Khadija” Somalia. HOMO HOMINI LUPUS Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Artikel · 27 Feb 2023 07:00 WIB ·

Ibnu Muljam: Pembunuh Ali bin Abi Thalib RA


 Ibnu Muljam: Pembunuh Ali bin Abi Thalib RA Perbesar

Nilai-nilai luhur ajaran Islam seringkali dicoreng oleh sekelompok orang yang memiliki pemahaman sempit tentang ajaran syari’at Islam namun begitu keukeuh berpegang teguh dengan pemahamannya yang keliru tersebut.

Hal ini tidak hanya terjadi pada masa kini, namun sudah ada semenjak Islam lahir dengan nama-nama aktor seperti Dzul Khuwaisiroh, Ibu Muljam dan lainnya.

Tulisan kali ini mencoba menghantarkan pembaca untuk mengenal Ibnu Muljam pembunuh Ali Bin Abi Thalib yang termotifasi oleh pemahan yang salah terhadap Al-Qur’an.

Ibnu Muljam bernama asli Abdurrahman bin Amr bin Muljam bin Maksyuh bin Nafr bin Kildah bin Humair. (Jumalun min Ansabil AsyrafMuhammad bin Yahya Al Baladhuri; Daarul Fikr; Juz 3 hal 250).

Ibnu Muljam adalah salah satu murid Sahabat Agung Mu’adz bin Jabal ra, ia berguru dan menghafal Al-qur’an kepada Muadz bin Jabal  dan senantiasa membantu Muadz bin Jabal sepanjang hidup Muadz ra.

baca juga: EKS Teroris JAD Galang Dana Dalih Korban Gempa Cianjur: Siapakah Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ?

Ahli Ibadah

Ibnu Muljam dikenal ahli Ibadah dan banyak melakukan shalat sunah sampai-sampai jidatnya ada tanda gosong dampak banyaknya sujud.

Ia juga ahli Al-Qur’an Penguasan Ibnu Muljam terhadap ilmu al-qur’an membuatnya terpilih sebagai orang yang secara khusus di utus oleh Khalifah Umar bin Khattab untuk mengajarkan Al-Qur’an di Mesir atas permintaan Amr bin Ash yang menjadi gubernur disana.

Amr bin Ash berkirim surat meminta kepada Khalifah Umar untuk dikirim orang yang paling Ahli al-qur’an. (lisanul mizan; Ibn Hajar al Asqalany; Juz 5 hal 141; Al Matbu’at Al Islamiyah)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bosco Odonga

5 Mei 2023 - 07:00 WIB

Bosco Odonga

Wanita “Khadija” Somalia.

3 Mei 2023 - 07:00 WIB

Wanita Khadija Somalia

HOMO HOMINI LUPUS

1 Mei 2023 - 07:00 WIB

HOMO HOMINI LUPUSl

Bujukan Yurisprudensi Agama

27 April 2023 - 07:00 WIB

Bujukan Yurisprudensi Agama

Terorisme dan Agama

25 April 2023 - 07:00 WIB

Terorisme dan Agama

Peperangan dan Patriotisme

23 April 2023 - 07:00 WIB

Patriotisme dan peperangan
Trending di Artikel