Menu

Mode Gelap
Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia. Bosco Odonga Wanita “Khadija” Somalia. HOMO HOMINI LUPUS Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Artikel · 2 Feb 2023 07:00 WIB ·

Al Mihnah Kisah Radikalisme atas Nama Agama


 Al Mihnah Kisah Radikalisme atas Nama Agama Perbesar

Al Mihnah kisah Radikalisme atas Nama Agama

Al-qur’an adalah kitab pemersatu umat islam yang diyakini oleh seluruh umat islam sebagai rujukan paling utama dalam kehidupan mereka. sehingga Al-Qur’an memiliki posisi paling penting sebagai rujukan dalam kehidupan keberagamaan umat islam.

Pentingnya posisi Al-Quran di mata kaum muslimin ini pada sisi lain kadang dijadikan sebagai alat legitimasi tindakan radikalisme bahkan terorisme dan pembunuhan atas nama agama. Hal itu tidak hanya terjadi sekarang-sekarang ini, namun sering terjadi sepanjang sejarah perjalanan Islam.

Salah satu peristiwa radikalisme atas nama agama adalah kisah Al Mihnah yang terjadi pada masa dinasti Abbasiyah Ketika Khalifah Al Makmun berkuasa (198 – 218 H/813 -833 M.)

baca juga: Mewaspadai Doktrin Kelompok Islam Radikal

Khalifah Al Makmun pada dasarnya sangat menyukai ilmu pengetahuan, kecintaannya pada ilmu pengetahuan dibuktikannya dengan meningkatkan fungsi Baitul Hikam -sebuah tempat kajian keagamaan yang didirikan oleh Harun Al rasyid.

Sebagai lembaga penterjemahan buku-buku dari berbagai disiplin ilmu, tempat kajian dan perguruan tinggi pertama dalam dunia islam sehingga berhasil menghantarkan daulah Abbasiyah meraih era keemasannya.

Kecintaan Al Makmun pada ilmu pengetahuan ternyata memiliki sisi kelam dalam sejarah Radikalisme atas nama agama. Ia menjadikan Mu’tazilah sebuah aliran teologi islam yang berlandaskan logika sebagai madzhab resmi negara dan melakukan berbagai intimidasi bahkan kekerasan serta pembunuhan terhadap siapapun yang menolak paham ini

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bosco Odonga

5 Mei 2023 - 07:00 WIB

Bosco Odonga

Wanita “Khadija” Somalia.

3 Mei 2023 - 07:00 WIB

Wanita Khadija Somalia

HOMO HOMINI LUPUS

1 Mei 2023 - 07:00 WIB

HOMO HOMINI LUPUSl

Bujukan Yurisprudensi Agama

27 April 2023 - 07:00 WIB

Bujukan Yurisprudensi Agama

Terorisme dan Agama

25 April 2023 - 07:00 WIB

Terorisme dan Agama

Peperangan dan Patriotisme

23 April 2023 - 07:00 WIB

Patriotisme dan peperangan
Trending di Artikel