Menu

Mode Gelap
Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia. Bosco Odonga Wanita “Khadija” Somalia. HOMO HOMINI LUPUS Potensi Target Serangan Teroris: Infrastuktur Vital dan Pelayanan Sosial

Artikel · 17 Feb 2023 07:00 WIB ·

EKS Teroris JAD Galang Dana Dalih Korban Gempa Cianjur: Siapakah Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ?


 EKS Teroris JAD Galang Dana Dalih Korban Gempa Cianjur: Siapakah Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ? Perbesar

EKS Teroris JAD Galang Dana Dalih Korban Gempa Cianjur: Siapakah Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ?

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkap bahwa kelompok teroris Jamaah Ansharud Daulah (JAD) menggalang dana dengan dalih korban gempa Cianjur.

Nasir Abbas selaku mantan teroris yang pernah menjabat sebagai Ketua Mantiqi III Jamaah Islamiah (JI) menyebut modus ini sudah lama dilakukan kelompok-kelompok teroris. “Sudah sejak lama praktik ini dilakukan. Bukan hanya JAD, tapi juga kelompok lain,” kata Nasir Abbas saat dihubungi, Senin (13/2/2023)

Lalu Siapakah JAD ?

Jamaah Ansharut Daulah (JAD), merupakan kelompok antek ISIS di Indonesia dan jaringan teroris global. Alasan  keberadaan JAD dibentuk dengan tujuan untuk melakukan kegiatan penyebaran dakwah khilafah, melaksanakan hijrah, dan berjihad. Pembetukanya JAD atas dasar  inisiatif Aman Abdurrahman di Nusakambangan.

baca juga: Poso Menjadi Tanah Jihad Bagi Teroris

JAT dan JAD ialah, organisasi pecahan dari pada Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) pimpinan Abu Bakar Baasyir, basis organisasi MMI  diisi oleh orang-orang yang merupakan alumni, yang pernah ikut ke Afghanistan. Sering menyebut dirinya mujahidin Afghanistan. Termasuk Salah satu di antaranya adalah Aman Abdurrahman

Kronologi Terbentuknya JAD, sekitar Oktober 2014, kronologi awalnya ialah ketika Aman Abdurrahman dengan Marwan alias Abu Musa, Zainal Anshori alias Abu Fahry untuk datang menjenguknya di Lembaga Pemasyarakatan Kembang Kuning Nusakambangan, dan pada saat itu terdakwa menyampaikan tentang ideologi dan Gerakan Daulah Islamiyah ISIS pimpinan Abu Bakar Al Baghdadi, dan umat Islam wajib mendukungnya.

Pada saat bersamaan Aman menyarankan Marwan alias Abu Musa, Zainal Anshori, dan Abu Khatib membentuk organisasi yang mewadahi para pendukung Daulah atau Khilafah Islamiyah atau ISIS dari Suriah supaya bisa di bentuk di indonesia.

Tujuan pendirianya ada beberapa poin, yakni sebagai wadah menyatukan para pendukung ISIS di Indonesia yang berasal dari berbagai organisasi Islam, mempersiapkan kaum muslimin Indonesia untuk menyambut kedatangan Khilafah Islamiyah.

baca juga: Kesamaan Wanita Pelaku Tindak Pidana Terorisme di Indonesia?

Menyatukan pemahaman dan manhaj dari para pendukung Anshar Daulah, dan mempersiapkan orang-orang yang hendak pergi berjihad. kemudian wadah tersebut oleh Marwan alias Abu Musa dinamakan Jamaah Ansharut Daulah atau JAD yang maknanya adalah jamaah pendukung daulah.

Yang memberi nama wadah pendukung ISIS di Indonesia sebagai JAD adalah Marwan alias Abu Musa. Kemudian, Aman Aburrahman menunjuk Marwan sebagai pimpinan pusat JAD, dan Zainal Anshori ditunjuk Aman sebagai piminan JAD wilayah Jawa Timur. Pertimbangannya, dua orang itu punya banyak jemaah.

Sisi lain muncul gaya  berdakwah Aman Abdurrahman telah ditindaklanjuti oleh Zainal Anshori yang bekerja sama dengan Gus Rom mengadakan daurah di Malang yang merupakan cikal bakal terbentuknya Jamaah Anshar Daulah wilayah Jawa Timur dan sekaligus menyusun kepengurusan JAD wilayah Jawa Timur dan menyusun beberapa program kerjanya.

Mereka bahkan telah melaksanakan program kerja seperti melaksanakan pelatihan ala militer alias tadrib asykari di Gunung Panderman, Malang, Jawa Timur pada awal 2015. Kegiatan pelatihan militer itu diisi latihan bela diri, push up, dan tausiah pemberi semangat jemaah untuk berjihad, begitupun Pada tahun 2017.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 173 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pembunuhan-Pembunuhan Dalam Khilafah Bani Umayyah di Andalusia.

11 Juni 2023 - 11:37 WIB

Ilustrasi Kekhalifaan Abassiayah

Bosco Odonga

5 Mei 2023 - 07:00 WIB

Bosco Odonga

Wanita “Khadija” Somalia.

3 Mei 2023 - 07:00 WIB

Wanita Khadija Somalia

HOMO HOMINI LUPUS

1 Mei 2023 - 07:00 WIB

HOMO HOMINI LUPUSl

Bujukan Yurisprudensi Agama

27 April 2023 - 07:00 WIB

Bujukan Yurisprudensi Agama

Terorisme dan Agama

25 April 2023 - 07:00 WIB

Terorisme dan Agama
Trending di Artikel